26 Maret, 2009




Little Tokyo,
Los Angeles, CA




Terletak di Los Angeles, California Selatan, Little Tokyo merupakan daerah etnis Amerika-Jepang. Orang sering menyebutnya "Lil' Tokyo".

Hotel tempat saya bermalam, Miyako, sangat strategis, yaitu tepat di pusat Little Tokyo. Para petugas hotel juga sangat ramah. Great hotel!






Kebetulan letaknya berdampingan dengan Japanese Village Plaza, sebuah tempat rekreasi yang tidak terlalu besar namun nyaman. Breakfast, shopping, lunch dll. Tempat ini sangat bersih, penduduk ataupun para pedagang di Japanese Village Plaza ini amat ramah dan sudah fasih berbahasa Inggris karena banyak dari mereka yang memang sudah turun-temurun berdiam di sana. Tapi ciri khas Jepang masih sangat kental, misalnya membungkuk bila memberi salam atau mengucapkan terimakasih, terutama bila mereka adalah orang-orang yang sudah lanjut usia. Restoran atau warung-warung makan masih sangat khas Jepang, namun cafe sudah bergaya Amerika termasuk jenis makanannya.




Sekitar 30 ribu orang Jepang tinggal di sini. Menurut sejarah, tempat ini bagai magnet bagi imigran Jepang ke Amerika hingga tahun 1924 sebelum berlakunya undang-undang tentang penghentian migrasi.

Pembangunan dimulai tahun 1942. Tahun 1970 area ini dibangun kembali, dan muncullah plaza, pusat perbelanjaan modern dsb. menggantikan gaya tradisional.

Saya tidak begitu suka belanja souvenir di sini karena harga-harganya amat mahal, namun barang-barang yang dijual, yang sangat Japanese ini tidak ditemukan di tempat lain di seluruh California... :(( maka tidak heran, turis tetap saja belanja.

Kehidupan religius penduduk Little Tokyo masih cukup dominan, seperti adanya beberapa kuil Shinto dan Buddha. Salah satunya adalah Kuil Buddha Koyasan yang terletak persis di background hotel Miyako.




Beberapa dari penduduk disini sudah berubah agama, dari Shinto atau Buddha menjadi Katholik atau Protestan. Tapi sesuai keterangan mereka, tetap saja mereka mengikuti festival-festival tradisional (Matsuri). Kita tahu, Jepang mungkin negara paling banyak mengadakan festival atau Matsuri. Dan festival itu kebanyakan berhubungan dengan keperccayaan tradisionalnya.






Temple yang asri


Mom
menikmati keheningan dan
keindahan Buddhist temple
di salah satu area di Little Tokyo


Foto bersama my precious Romanian netfriends
yang janji jumpa di Little Tokyo,
Vali dan Otilia, serta my dear niece Ika.
Vali dan Otilia hijrah ke New Jersey
dari Romania beberapa tahun lalu.





Tidak ada komentar: