06 November, 2008

Kiyomizu Dera Temple, Kyoto


Kiyomizu Dera Temple,
Kyoto




Jepang sepertinya pantas kalau disebut Negara Beribu Kuil... Salah satu kuil yang amat terkenal di Kyoto yang sempat kami kunjungi adalah Kiyomizu Dera (Air Bening). Saya menjadi mudah mengingat artinya karena teman email saya di Osaka namanya Kiyomi yang katanya berarti Bening..

Ketika turun di stasiun Kyoto, saya sempat melihat 3 orang Maiko lengkap dengan dandanan khasnya dan dnegan kimononya yang indah. Sayang mereka jalan begitu cepat sehingga saya tidak sempat memotretnya!

Kembali ke Kiyomizu Dera Temple.
Mulai dijadikan warisan dunia (Unesco) Desember 1994, Kiyomizu Dera Temple adalah kuil Buddha sekte Hosso yang dibangun oleh Enchin, seorang bhiksu, tahun 778, untuk menghormati Dewi Welas Asih Kwan Yin yang di dalam bahasa Jepang disebut Kannon Bosatsu.


Menurut legenda, Enchin bermimpi tentang mata air bening di Sungai Yodo. Lalu ia mencari dan mencari sumber mata air itu. Dalam pencahariannya, ia berjumpa dnegan seorang petapa bernama Gyoei. Ia seorang pendeta tua yang menjalankan pertapaan. Kemudian ia memberikan Enchin selembar kayu yang didalamnya terdapat roh Kwan Yin (Kannon Bosatsu)


Kayu ini kemudian diukir gambar Kwan Yin. Setelah jadi, Enchin menjadikannya sebagai tempat pemujaan yang diletakkan di dalam sebuah gubuk kecil. Inilah asal mula Kiyomizu Dera.

Legenda mengisahkan bahwa petapa itu menghilang tapi kemudian Enchin menemukan sandal sang petapa di puncak gunung. Dia menyadari bahwa petapa itu adalah manifestasi Kwan Yin sendiri.

Kuil yang kemudian hancur ini mengalami perbaikan berkali-kali pada abad 12.


Surprised juga lihat Bhikkhu
yang baca Paritta sambil bawa bowl dan tongkat
sehingga terkesan seperti sedang "mengemis"
:(



Tomoko sedang berdoa
kepada siapa ya?
Mungkin kepada Kannon Bosatsu
atau dewa lain.



Lupa namanya dalam bahasa Jepang,
tapi katanya batu ini namanya
"Batu Cinta" lho!!


Irma & Tomoko
lagi minum "air bertuah" ya?
~Iya deh, semoga air ini membawa berkah~



Nana among the tourists.

Memasuki musim gugur ternyata bagus juga
pepohonannya yang mulai berubah warna!


Tidak ada komentar: