21 Desember, 2008



Jade Buddha Temple,
Shanghai


Objek wisata yang sebenarnya adalah vihara Chinese ini paling banyak dikunjungi turis yang berasal dari seluruh penjuru dunia. Lokasinya agak jauh dari pelataran parkir bus wisata, jadi mesti jalan banyak!



Pohon-pohon dan toro berhiaskan pita ini bukan untuk tampil manis, tapi pita itu berisi harapan atau doa dari para pengunjung. Mereka berharap, harapan dan doanya terkabul kalau bersembahyang disini! :)



Banyak sekali anak-anak muda yang menjadi guide, di samping yang berbahasa Inggris, termasuk juga di antaranya adalah mereka yang berbahasa Jerman dan Spanyol serta Jepang.




Di dalam pikiran saya, yang namanya Jade (batu giok atau kumala) ini selalu berwarna hijau. Tahunya, patung Buddha yang batu gioknya berasal dari Burma ini justru berwarna putih pada abad ke 19. Giok Putih ternyata bagus sekali!

Ada 2 buah Buddha Rupang Sakyamuni ini, yang duduk tersenyum, dan yang "reclining" seperti gambar di bawah ini. Di area yang sangat dijaga ketat ini, tidak diperkenankan memotret atau shooting video. Maka itu saya beli postcardnya aja deh buat diingat-ingat... :0)


p.c

Good to see!


Tidak ada komentar: