21 Desember, 2008


Yuyuan Garden
, Shanghai
yang sangat indah



Yuyuan Garden adalah taman klasik yang amat populer di Anren Jie, Shanghai. Selesai dibangun tahun 1577 oleh seorang pejabat pemerintah Dinasti Ming (1368-1644) yang bernama Pan Yunduan.



Yu dalam bahasa Tionghoa artinya menyenangkan atau memuaskan, dan taman ini khusus dibuat untuk orangtua Pan agar mereka bisa menikmati ketenangan dan kebehagiaan di usia lanjutnya.




Selama 400 tahun keberadaannya, Yuyuan Garden telah mengalami banyak perubahan.






Selama pemerintahan dinasti Ming yang terakhir, taman ini sangat terbengkalai dan rusak seiring dengan jatuhnya kejayaan keluarga Pan. Tahun 1760, beberapa pedagang kaya membeli Yuyuan Garden tersebut dan membutuhkan waktu lebih dari 20 tahun untuk memperbaikinya kembali.



Selama Perang Candu pada abad ke 19, Yuyuan Garden rusak berat. Yuyuan Garden yang sekarang ada adalah hasil proyek restorasi tahun 1956 yang berlangsung selama 5 tahun. Taman ini terbuka bagi publik tahun 1961, bulan September.



Taman Bagian Dalam sebelumnya merupakan taman yang terpisah yang didirikan tahun 1709, tetapi sekarang menjadi salah satu bagian dari Yuyuan Garden bagian selatan. Taman Bagian Dalam sangatlah istimewa karena adanya karang, paviliun, kolam hias, serta dinding-dinding berbunga yang menawarkan pemandangan paling menarik di Yuyuan Garden ini.




Jason, guide kami yang berasal dari Shanghai ini menjelaskan detil-detil yang menarik dalam bahasa Inggris yang amat lancar. Usianya sebaya dengan Ananta, dan mengetahui usianya yang sebaya, Jason berusaha mendekatkan diri pada anak saya yang (waktu itu) masih sangat pendiam (sekarang... banyak ngomong...), dan Ananta lebih banyak senyum serta menjawab apa adanya saja...



Saya kagum dengan anak-anak muda China yang menjadi guide... Kelihatannya sebagian besar dari mereka, menjadi guide adalah karena kecintaannya pada profesi tersebut. Dan mereka benar-benar belajar!




****

Tidak ada komentar: