09 Maret, 2009

A Visit to Sri Lanka

Tea Factory Hotel, Kandapala,

Nuwara Eliya





Deki nampang di halaman hotel Fea Factory


Dalam suatu rangkaian perjalanan di Sri Lanka, kami bermalam di Tea Factory Hotel. Bintang 4 di negara kecil yang sering dijuluki "Airmata India" itu. Ada juga yang menjulukinya "Jewel of the Indian Ocean". Dua=duanya betul. Disebut Airmata India karena kalau kita lihat di peta, gambar Sri Langka yang sangat kecil dibandingkan dengan India, sepintas tampak seperti airmata yang menetes dari India yang begitu besar.
Hotel ini terletak di daerah pegunungan teh yang sangat sejuk dan bersih udaranya. Sangat menyenangkan! Tidak ada pendingin ruangan (AC), tidak ada heater (pemanas).
Yang membuat kami merasa "surprised" memasuki hotel ini adalah dekorasinya. Kok banyak peralatan seperti mesin-mesin. Ternyata menurut guide kami, bagunan ini memang adalah sebuah pabrik teh yang sudah tidak digunakan sebagai pabrik lagi.




Menikmati sinar matahari pagi yang hangat, di taman yang sejuk


Deki bersama Espido. Kasihan! Anjing manis ini terkurung terus di dalam kerangkeng di salah satu bagian taman



Bunga-bunga mawar di sini.. wah ! Besar-besar bangeut, mirip yang dipamerkan di Keukenhof, Belanda. Harumnya sih lebih harum mawar kita yang tidak begitu besar.

Menurut cerita, pada masa penjajahan Portugis dan Inggris, tempat ini menjadi tempat favorit kedua bangsa itu, juga bagi bangsa Eropa lainnya yang berdatangan.




Perkebunan teh seperti barisan bukit hijau di kiri kanan. Tak heran, Sri Lanka adalah negara pengekspor teh terbesar ke dua di dunia. Sebagian besar teh diekspor ke Jepang.

Tidak ada komentar: