18 Februari, 2009


Ming Tombs - Beijing

Karena tidak begitu banyak lagi waktu ketika mengunjungi salah satu situs populer, yaitu Ming Tombs di Beijing, maka kami hanya dapat melihat sebagian saja spot yang menarik untuk dilihat dan disimak.

Konon, 13 kaisar dari dinasti Ming dimakamkan di area pekuburan yang luas ini, yang didirikan oleh Dinasti Ming ketiga, yaitu kaisar Yong Ie, kaisar yang memindahkan ibukota kerajaan dari Nanjing ke Beijing.

Setelah mendirikan Imperial Palace (Forbidden City), Kaisar Yong Ie mencari area yang menurutnya sangat penting untuk dijadikan makam bagi 13 kaisar berikutnya dari dinasti Ming (dia yang pertama dimakamkan disana dan menjadikan Musoleum bagi dirinya), sedangkan dua kaisar sebelumnya dimakamkan di Nanjing ketika ibukotanya masih berada di sana.

Menurut cerita, makam ini dibuat dengan memperhatikan Ilmu Feng Shui atau tata letak (geomancy). Tidak mengherankan karena pada periode itu, orang masih sangat percaya akan adanya pengaruh-pengaruh negatif alam terhadap keselamatan kekaisaran, keturunan para kaisar, serta masyarakatnya, sehingga para ahli Feng Shui yang benar-benar handal bekerja keras memikirkan tata-letak makam ini agar semua selamat.

3 buah peti mati (kaisar dan 2 wanitanya) serta kotak-kotak perhiasan, tekstil dan barang berharga lainnya yang dipamerkan adalah replika dari yang asli. Yang asli diletakkan di ruang bawah tanah yang cukup dalam untuk melindunginya dari kerusakan yang lebih parah.

Di sepanjang jalan 7 kilometer bernama Shen Dao, atau The Spirit Way, menuju kompleks didirikan berbagai macam patung binatang serta manusia yang dipercaya dapat menjaga atau melindungi orang dari segala macam pengaruh negatif alam.







Replika penyimpanan perhiasan
dan barang-barang berharga lain milik
kaisar atau permaisuri





Layaknya "Fontana de Trevi" di Itali yang dipercaya dapat mengembalikan coin atau uang berlipat ganda bila kita melemparkan ke dalam kolamnya, maka di Ming Tomb ini pun
pengunjung banyak yang melempar uangnya ke sepanjang replika peti mati kaisar dan permaisuri serta selirnya dengan harapan yang sama.






Nampang di dalam gedung Ming Tombs





Tidak ada komentar: