30 Mei, 2009



Donat
(Cara Dasar Membuat Donat)


Sebenarnya cara membuat donat engga terlalu rumit, cuma saja, dulu, ketika saya belum mengikuti cara bikin roti yang benar di Bogasari Baking Center, di Tj. Priok, lebih dari 12 tahun lalu, seringkali gagal. Wah buang-buang bahan deh. Bisa adonannya pecah ketika digoreng, atau kue bantat, dsb.

Pengarahan yang diberikan bapak-bapak di BBC itulah yang membuat saya mengerti, ternyata banyak yang saya tidak ketahui sebelumnya (Bukan iklan nih!!! Tapi terimakasih banyak kepada bapak-bapak instruktur.... Jangan-jangan sekarang udah ada yang pensiun dan udah pada buka bakery nih! Semoga aja!)

Sayangnya, deep-fryer saya tidak sebesar yang ada di pakrik Bogasari.... jadi kadang adonan donat mesti "ngantri", akibatnya adonan yang nunggu giliran buat digoreng itu jadi terlalu mengembang, dan hasilnya engga bener!

Karena saya cuma punya sekian kecilnya deep-fryer, maka saya cari akal, yaitu: setiap kali saya membuatnya sedikit-sedikit saya. Nanti bila hampir selesai menggoreng ("babak pertama"), saya akan mulai menyiapkan adonan donat kedua. Ternyata hasilnya lumayan baik. Donat tidak "memble" karena dibiarkan terlalu mengembang.


Bahan:
400 gr terigu Cakra Kembar
100 gr terigu Segitiga Biru
200 cc air hangat kuku
100 gr gula halus (sesuai selera, tetapi semakin banyak gula, akan semakin cepat gosong waktu digoreng)
100 gr margarin
25 gr susu bubuk
3 butir merah telur
1 bungkus ragi dadak.
Minyak goreng cukup untuk merendam adonan


Cara membuatnya:
1. Campur semua bahan kering menjadi satu ke dalam panci mixer. Jalankan mixer dengan kecepatan terendah hingga bahan kering tercampur rata. Tingkatkan kecepatan.



Masukkan telur dan margarin serta air. Biarkan teraduk dengan baik hingga adonan kalis.



2. Keluarkan adonan dari panci mixer, lalu potong-potong adonan sesuai selera (saya sendiri memotong seberat 60 gram saja setiap potongnya)




3. Segera bentuk bulatan-bulatan. Tutup dengan lembaran plastik sambil dibiarkan mengembang.




Sementara itu panaskan minyak goreng dalam deep-fryer atau kuali di atas api sedang.

4 Sebelum dimasukkan, tiap potong diuleni dengan jari untuk mengeluarkan gas yang terbentuk selama proses pengembangan. Lubangi adonan dengan cara menusukkan jari telunjuk dari satu sisi menembus sisi lain, lalu putar menggunakan 2 jari telunjuk agar lubang lebih besar.

5. Segera masukkan kedalam minyak panas. Siram-siram dan balik agar kuningnya merata. Setelah kuning kecoklatan, segera angkat dan tiriskan.




Untuk Topping:
Bisa bervariasi sesuai selera. Biarkan donat benar-benar dingin, baru oles dengan butter cream sebagai alas Topping, atau lumuri gula halus, tanpa butter cream lagi.


Selamat mencoba.

Catatan:
Anak-anak saya lebih menyukai donat tanpa topping dan dimakan saat masih hangat.






1 komentar:

Andi Anwar mengatakan...

Selamat siang, sya mau tanya. Apakah mixer yg seperti dalam foto diatas bisa buat adonan roti tawar juga ya?. Dan kalu memang bisa mohon informasi supliernya. Saya tidak paham karena saya mau belikan hadiah buat istri saya yg baru memulai bisnis kecil2an.