13 Desember, 2008

Old Delhi: Raj Ghat

Raj Ghat

Salah satu tempat penting di Old Delhi yang kami kunjungi, selain Jama Masjid, adalah Raj Ghat. Ini adalah monumen peringatan Mohandas Karamchand Gandhi, atau lebih populer nama Mahatma Gandhi
. Bentuknya sangat sederhana, terbuat dari batu marmer hitam, tempat jasad Gandhi dikremasi pada tanggal 31 Januari 1948

Di bagian atas platform yang terbuka menghadap langit itu selalu saja ada bunga-bunga yang diletakkan di atasnya. Biasanya para tokoh dunia yang menyempatkan mengunjungi tempat ini, memberi penghormatan dengan cara meletakkan bunga atau karangan bunga di atasnya. Dan di salah satu sisinya terdapat lentera yang terus-menerus menyala sejak tempat ini dibangun. Pada monumen ini terukir sebuah epitaf "Hē Ram" yang diterjemahkan sebagai "O God" atau "Oh Tuhan", dan dipercaya sebagai kata terakhir yang terucap dari mulut Gandhi sesaat sebelum ia tewas terbunuh.

Secara Harafiah, Raj Ghat diterjemahkan sebagai "Istana Raja". Di dalam bahasa Hindi, tempat kremasi seperti ini disebut Samadhi.


Moment ini dimanfaatkan Deki untuk berfoto di dekat lenteranya.
Sebagai tanda penghormatan, pengunjung tempat ini diminta melepaskan alas kakinya sebelum menghampiri monumen peringatan ini. Nah, Deki (dan saya) melepaskan sepatunya juga... Wow, panasss!! walaupun berjalan di rumput!


Setiap Jumat diadakan upacara peringatan tewasnya Gandhi. Sedangkan upacara persembahyangan diadakan di Raj Ghat pada hari kelahiran dan kematiannya.

Ada beberapa samadhi lain di sekitar Raj Ghat ini, antara lain:

*Jawaharlal Nehru, samadhinya terletak di bagian utara Raj Ghat, disebut Shantivan atau Shanti Vana, yang berarti Taman/Hutan Kedamaian.

*Sanjay Gandhi, cucu Nehru, samadhinya terletak berdampingan dengan samadhi sang kakek.

*Indira Gandhi, samadhinya dinamakan Shakti Sthal yang artinya Tempat Kekuatan.

*Rajiv Gandhi, samadhinya dinamakan Veer Bhumi, artinya Bumi Pemberani
(Kabarnya, samadhi Rajiv Gandhi ini yang terindah - ukiran teratai besar dai batu yang dikelilingi oleh 46 teratai kecil yang melambangkan 46 tahun masa hidupnya. Dan batu-batuan dari seluruh negara bagian di India bertebaran di sekitarnya.

* ada banyak lagi tokoh-tokoh India yang samadhinya di tepian Sungai Yamuna ini.

@>-------->---------------

Tidak ada komentar: