13 Februari, 2009



Cara Bikang





Resep otentik nenekku nih.... Maka itu ukurannya masih pakai "cangkir", mangkuk atau gelas.

Jaman dulu, tepung berasnya ditumbuk sendiri, membuat kuenya lebih bersarang lho!
Sekarang pakai tepung beras siap beli juga masih okay. Sebelum dipakai untuk membuat kue, sebaiknya tepung siap beli ini dikukus dulu sebentar. Caranya: Panaskan langseng. Letakkan selembar kain tipis, lalu tebarkan merata tepung yang akan dipakai. Kukus selama 10 menit. Maksudnya supaya tepung tidak terlalu kering. Tepung beras yang terlalu kering biasanya tidak akan mudah menghasilkan kue yang bersarang baik. Setelah diangkat, tepung dibiarkan dulu beberapa saat hingga hilang panasnya.

Bahan:
3 cangkir tepung beras
2 sdm tepung terigu
5 cangkir santan kental dari dua buah kelapa tua
Beberapa helai daun pandan, tumbuk, masukkan 1/2 cangkir air, lalu saring.
1 cangkir gula putih atau sesuai selera
Sedikit garam (sesuai selera)
Sumba atau pasta warna hijau (atau warna lain sesuai selera)
Sedikit minyak goreng untuk memulas cetakan
Cetakan cara bikang.

Cara Membuatnya:
1. Ambil beberapa sdm tepung beras, lalu larutkan dengan 2 cangkir santan kental. Masak di atas api sedang sambil terus diaduk hingga kental. Angkat dari api.

2. Gula, tepung terigu, garam, dan sisa tepung beras, semua dimasukkan kedalam adonan nomor 1. Aduk rata dengan menggunakan centong kayu.

3. Setelah agak dingin, diuleni sampai rata. Masukkan sisa santan sedikit-sedikit sambil adonan terus diuleni dan santan habis. Ketika adonan sudah menjadi cair, pukul-pukul dengan telapak tangan, sedikitnya 1 jam. Hal ini dilakukan agar banyak udara yang masuk ke dalam adonan untuk mendapatkan "sarang" yang baik.

4. Adonan di dalam wadahnya dibiarkan tertutup oleh serbet atau plastik selama lebih kurang 2 jam.

5. Buat adonan berwarna, caranya: ambil beberapa sendok adonan putih, lalu aduk dengan beberapa tetes sumba atau pasta berwarna. Aduk rata.

6. Letakkan cetakan cara bikang di atas api besar. Biarkan panas. Untuk mengetahui apakah sudah cukup panas, teteskan sedikit adonan. Kalau sudah berdesis, berarti cetakan siap diisi.

7. Tuang adonan putih setinggi 1/2 tinggi cetakan. Beri sedikit adonan berwarna di atas adonan putih. Biarkandipanggang dengan keadaan terbuka hingga timbul letusan-letusan kecil pada permukaan kue.

8. Setelah kue matang, cungkil bagian tepinya sambil ditarik sedikit kebelakang agar kue pecah merekah.

Cobalah memakai pasta rozen atau sumba merah untuk membuat Cara Bikang saat Valentine's Day!




Tidak ada komentar: