10 Februari, 2009



Kue Nastar




Kalau sudah mulai makan sebutir kue ini, rasanya kok ingin dua butir, tiga butir dst... kandungan kalorinya cukup tinggi lho, terutama karena nanas yang dibikin untuk fillingnya banyak mengandung gula! Tapi ya itu, kalau sudah makan sebutir, lupa deh soal kalori.. Yang ingat adalah, rasa manis, gurih, empuk, harum, semua ada di situ. Tak heran selalu saja setiap ada perayaan, kue ini hampir selalu ada di setiap rumah orang yang merayakannya.

(Karena saya menderita diabetes, maka saya selalu membuatnya dengan menggunakan gula diet yang pemakaiannya paling banyak 60% dari pemakaian gula biasa. Juga margarinnya terdiri dari dua macam: 65% margarin biasa, dan 35% margarin rendah kalori).

Bahan Filling:
3 buah nenas matang, bersihkan. Parut, lalu dibuang airnya (air nenas biasanya saya pakai untuk keperluan lain, misalnya membuat es, agar-agar, hunkwee, dsb).
4 buah cengkeh
1 sdm bubuk kayu manis
1/2 sdt pala halus
1/4 sdt lada halus
1/2 sdt peres vanili
400 gr gula putih (sesuai selera)
sedikit garam
2 lbr daun pandan, sobek-sobek.

Bahan Kue:
450 gr margarin
150 gr mentega
100 gr gula halus
6 btr merah telur
1/2 sdt peres vanili
3 sdm susu bubuk full cream
baking soda
800 gr. terigu kunci

Untuk Olesan:
3 butir merah telur, kocok dan campur dengan sedikit margarin cair

(Siapkan loyang untuk kue kering dan sedikit margarin untuk mengoles)

Membuatnya:
Filling:
1. Nenas yang sudah dibuang airnya dengan cara diperas, masak hingga kering.
2. Masukkan bahan lain, aduk terus hingga rata dan berwarna kecoklatan. Bila sudah kering, angkat. Buat bulatan-bulatan sebesar yang dikehendaki, lalu sisihkan.

Kue:
1. Kocok margarin, mentega, vanili dan gula hingga rata dengan kecepatan mixer paling rendah.
Masukkan merah telur satu per satu.

2. Setelah rata, masukkan terigu yang sudah dicampur dengan susu bubuk dan baking soda sedikit-sedikit sambil diaduk dengan spatula/sendok kayu hingga adonan dapat dibentuk.

3. Ambil adonan kue sesuai selera, dan bentuk bulat atau lonjong, atau bentuk apapun yang anda sukai. Beri ruang di bagian tengahnya untuk Filling nenas. Rapatkan hingga nenas benar-benar tertutup.

4. Letakkan di atas loyang yang sudah dioles margarin. Beri sedikit jarak antara kue yang satu dengan yang lainnya. Oles bagian atas dan seluruh sisinya dengan merah telur yang sudah dicampur margarin cair.

5. Sementara mengerjakan kue-kue itu, panaskan oven, 170-175 C.
Masukkan loyang-loyang bersisi kue, lalu panggang dengan api bawah dulu, kemudian setelah bagian bawah dan tengah kering, pindahkan api ke bagian atas, hingga kue kuning.

6. Setelah diangkat, letakkan di atas kisi-kisi untuk mendinginkan kue. Setelah benar-benar dingin, susun di dalam wadah. Tutup rapat.




Tidak ada komentar: