19 Desember, 2008



Kodak Theater, Hollywood


(p.c)


Awal musim gugur 2004 itu udara di Hollywood sudah mulai dingin, tetapi matahari yang bersinar lembut terasa hangat, nyaman sekali! Deki, Freddy (nephew), my mother dan saya sendiri mulai melihat-lihat Hollywood. Oh... begini toh? (Modelnya orang kampung yang baru lihat kota! hehe). Guide membawa kami menyusuri rumah-rumah elit para movie stars yang halaman rumahnya dipenuhi pohon-pohon cantik terawat rapi... Pokoknya asri banget deh, termasuk pepohonan di pinggir jalan dan di mediannya.

Saya bercanda dengan Deki: "Wah, kalau kamu pensiun, boleh juga nih jadi tukang kebun di daerah ini!" (mata duitannya keluar deh... hehehe).
Kabarnya sih, rumah-rumah indah itu jarang ditempati artis/aktor pemiliknya. Wah sayang ya, jadi engga bisa menikmati walaupun punya rumah sebagus itu

Juga kami melewati shopping area bergengsi yang pernah menjadi lokasi shooting "Pretty Woman" Sayang engga ketemu Richard Gere dan Julia Robert-nya!

Menurut guide kami, daerah Hollywood yang dulu terkenal daerah pemukiman mahal, sekarang sudah bergeser turun. Yang jadi daerah mahal justru San Marino, tempat teman e-mail saya Desmond Chiong dan keluarganya berdiam.

Lalu kami dibawa ke Kodak Theater, di Hollywood Boulevard, yang merupakan "teater hidup" di ritel Hollywood and Higland Avenue, Los Angeles.

Teater ini dibuka tgl 9 November 2001, dan menjadi rumah tahunan acara Academy Awards (acara pemberian piala Oscar bagi insan film yang karyanya berkualitas) serta Emmy Awards
Saat tidak ada acara tersebut, gedung digunakan untuk pertunjukan seni, konser, pemberian penghargaan, fashion show, Kontes pemilihan Miss USA (beberapa kali), pemilihan finalis American Idol (2006) dll.


Menurut kabar, teater yang dirancang oleh David Rockwell dari Rockwell Group ini, memiliki kapasitas tempat duduk sebanyak 3400 tamu, dan panggungnya adalah panggung terbesar di seluruh Amerika (34 x 18 m). Teater ini disponsori oleh Kodak Company, dengan dana sebesar $75 juta agar namanya dapat dipakai menjadi nama bangunan bergengsi itu!





"The Grand Staircase" adalah tangga menuju pintu masuk Kodak Theater, memiliki lantai cor-an yang memamerkan nama-nama pemenang Academy Awards for Best Picture sejak 1927, jaman Charlie Chaplin (??) dengan meninggalkan gambar telapak tangan/kaki atau sepatu si aktris/aktor seperti gambar di bawah ini:


Handprints dan shoe/footprints
aktris/aktor Hollywood pemenang Academy Awards
for Best Picture

(Shirley Temple)

(Meryl Streep)


(Paul Newman dan Joanne Woodward)


(Whoopie Goldberg)

Di sepanjang sidewalk Hollywood Boulevard dan Vine Street ini terdapat pula "Hollywood Walk of Fame" nama-nama terkenal (tokoh film, musik dsb) dan dirancang oleh Oliver Weismuller, seorang ahli seni California tahun 1953. Ada 2003 nama yan tercetak disitu, dan bukan hanya nama-nama bintang film manusia, tetapi juga tokoh-tokoh fiksi seperti Mickey Mouse, The Simpsons, dll, yang telah ikut mengangkat industri perfilman Hollywood.




Nama-nama ini tercetak pada bintang warna bronze bersudut lima, terbuat dari terazzo, yang ditanam pada batu hitam.

Dengar-dengar, pada suatu waktu ada perbaikan di sepanjang Walk of Fame ini, lalu Bintang dengan nama Kirk Douglas lenyap.... ada juga pencuri ginian di Hollywood!

Masih pada jalan ini, terdapat Grauman's Chinese Theater, dibuka tanggal 18 Mei 1927.



Sid Grauman adalah orang yang punya kemitraan disini setelah sukses dengan Grauman's Egyptian Theaters sebelumnya.






Sampai dengan tahun 1973 namanya masih Mann's Chinese Theater (setelah diakuisisi oleh Mann Theaters), dan menyusul kebangkrutannya, teater ini dan teater Mann lainnya dijual kepada Warner Bros. and Paramount Pictures tahun 2000 dengan masih menggunakan nama Mann's Chinese Theater.

Tidak ada komentar: