14 Desember, 2008

Temple of Khajuraho

Temple of Khajuraho

Kuil ini terletak di Madhya Pradesh, di distrik Chhatarpur, kira-kira 600-an km dari Delhi. Populer karena pahatan erotiknya. Memang indah sekali, tapi lama-kelamaan pusing juga lihatnya, apalagi kalau full concentration pada setiap figur yang ada pada pahatan dinding. Aduh mak! Lieur! Di bagian dalamnya yang berdekatan dnegan tempat pemujaan para dewa/dewi, tidak ada pahatan atau ukiran yang menampakkan kegiatan seksual. Hal ini menggambarkan bahwa untuk menemui para dewa/dewi, orang harus meninggalkan nafsu seksualnya di luar kuil. Juga menunjukkan bahwa dewa dalam kuil adalah suci bagaikan atman yang tidak terpengaruh oleh nafsu seksual serta penampakan fisik. Ukiran atau pahatan erotis yang ada di luar menggambarkan manusia, tubuh manusia, perubahan yang dialami tubuh manusia, serta fakta-fakta hidup. Kira-kira 10% dari ukiran mengandung tema seksual antar manusia. Yang lainnya menggambarkan sisi kehidupan nyata manusia sehari-hari.

Banyak yang menyebut kuil ini sebagai Kuil Kamasutra.


Menurut cerita, kuil ini dibangun dari tahun 950 sampai dengan 1050. Ada 80 kuil Hindu dan Jain. Anehnya, kata guide kami, ketika Islam masuk India, ketika banyak kuil Hindu dan Buddha dihancurkan, kuil-kuil di Khajuraho Temple ini malahan tidak mengalami gangguan apa-apa. Wah, kenapa ya...

Kami berkesempatan menonton pertunjukan "lighting" yang sangat mempesona pada malam hari. Kalau tidak salah, ini menyerupai Ramayana Ballet di Prambanan, yang pertunjukannya hanya diadakan sebulan sekali saat purnama sidhi (malam terang bulan).

Cukup terhibur dengan lightingnya walaupun tidak begitu mengerti isi ceritanya .. :))



Bersama Sumita,
resepsionis Holiday Inn Khajuraho.

Orang India paling suka lantai rumahnya
bermodel seperti ini...
Apa seperti orang Inggris ya?

@>-------->---------------

Tidak ada komentar: